Adsense web, Tools, PLR articles, Ebooks SEBENAGHAU: KONSTRUKSI KARAMBA

AdBrite

Saturday, April 4, 2009

KONSTRUKSI KARAMBA

Bagaimana konstuksi Karamba yang sesuai dengan lingkungan tertentu ?

Hampir tidak ada standarisasi konstruksi pada system budidaya karamba jaring apung ini. Bentuk dan ukurannya sangat bervariasi disesuaikan dengan lingkungan yang tersedia. Bahan baku kerangkanya juga sangat bervariasi, umumnya kerangka yang digunakan terbuat dari besi pipa, bambu, kayu atau kombinasi ketiganya.

Bentuk karamba jaring apung ada bermacam-macam, ada yang berbentuk segi enam, empat persegi panjang, bujur sangkar bahkan bundar. Namun dua bentuk terakhirlah yang paling banyak digunakan pada perairan-perairan umum.

Untuk membuat kerangka karamba bundar biasanya digunakan bahan semacam campuran antara pipa PPC, PE dan karet yang di dalamnya diisi busa (streoform). Kerangka ini sekaligus merupakan bahan pelampung karamba sehingga dengan kerangkan semacam ini tidak diperlukan lagi drum-drum pelampung. Sedangkan kerangka karamba bujur sangkar biasanya digunakan pipa besi yang sudah banyak tersedia di pasaran dengan ukuran panjang sisi-sisinya sekitar 6 meter, namun bila menggunakan bahan ini masih diperlukan drum-drum sebagai pelampungnya.

Sebagai jalan atau jembatan untuk memberi makan ikan-ikan yang dipelihara biasanya digunakan bambu-bambu yang disusun rapi atau diikat dengan tali sehingga membentuk jembatan, namun akan lebih praktis dan baik lagi kalau jembatan ini juga terbuat dari kayu/papan.

Untuk menyimpan pakan sebagai stok sementara sebelum diberikan pada ikan maka perlu dibuatkan rumah phonton, rumah ini sekaligus digunakan sebagai tempat beristirahat pekerja karamba. Bahan pembuat rumah ini sebaiknya menggunakan bahan yang ringan tetapi relatif tahan terhadap air seperti ; seng, fiber atau bahan lainnya. Gunakan drum pelampung yang lebih banyak pada rumah ini agar daya tampungnya menjadi besar.

Biasanya satu rumah phonton yang berukuran sekitar 4 m x 4 m mampu menyimpan hingga satu ton pakan. Stock pakan sebanyak ini cukup untuk memenuhi kebutuhan 10 hingga 12 petak karamba bujur sangkar yang berukuran 6 m x 6 m dalam sehari. Ini kalau kita memelihara ikan secara intensif, sedangkan kalau hanya semi intensif maka pakan sebanyak itu cukup untuk jatah seminggu.

Selain jembatan, akan lebih baik kalau di sisi kiri-kanan jembatan tersebut kita buatkan pagar pengaman. Pagar ini bisa kita buat dari bahan besi pipa disatukan dengan kerangka karamba. Pagar ini sangat penting untuk pengamanan tenaga kerja disamping juga bisa digunakan sebagai tempat menambatkan tali net beserta penutupnya.

No comments:

Post a Comment